Senin, 24 Maret 2014

Restorasi Vespa super 1974

Dear All Brader

Sejarah vespa dimulai lebih dari seabad silam, tepatnya 1884. Perusahaan Piaggio didirikan di Genoa, Italia pada tahun 1884 oleh Rinaldo Piaggio. Bicara masalah vespa emang gak ada matinya yekann.,dari mulai eyang buyut sampe anak bocah juga gemar.

disini ane cuma mao bagi pengalaman tentang hobby asikk restorasi vespa, terhitung vespa yang ane boyong edisi taon tua 1974 yang kondisi nya jauh dari mulus. tapi berbekal kesabaran dan kocek seadanya,disisi ini ane temuin asikknya ngerjain sesuatu dari 0 sampe hasil akhir yang bisa bikin puas kolbu..


vespa orisinil parts

*Tahap awal
Cari bahan oprekan, pada tahap ini brader sesuaikan dulu antara unit yang mao di adopsi, budget dan hasil akhir yang diharapkan.. maksudnye biar hasil akhir sesuai dengan selera brader gituhhh
type Vespa macem2 tegantung tahun keluaranya,kali ini ane bahas vespa keluaran lama. makin unik unit maka harga lumayan tinggi, contohnya type Vespa Congo dan Vespa PTS .
kalo bisa cari bahan yang kondisinya gak caur2 bangett,andai ada parts yang diganti pun gak terlalu banyak baik unsur mesin atau Body.
Pengalaman ane adopsi Vespa Mesin good Condition tapi Body kaya transformers abis tarung, biaya reparasi body seperti ngelas, ketok dan dempulinnya aja udah engap2an.

*Tahap perapihan body
Sebelum Bongkar total body dan kelengkapannya ada baiknya brader punya buku panduan tentang vespa (banyak beredar di toko buku) jadi pas perakitan kembali gak bingung pasang2 body nyang udah di copotin. apalagi kalo sampe turun mesin.


nih sebelah kiri penampakan body vespa yang bolong keropos, kudu di las dulu biar rapih.
sebaiknya tuh body dikerok abis biar keliatan semua bolong yang kudu di tambel pake Las.



Periksa sekalian dudukkan shock breaker belakang yang biasanya udah gak presisi,di las lagi tuh biar mesin dan body lempeng.
sekalian kalo mounting shocknya udah abis ganti aja sekalian, cuma 15rebu perakk.
Lanjut ke sektor dek, biasanya keropos di sekitar baut standard tengah.


pekerjaan selanjutnya adalah memebersihkan cat dan dempul lama dengan proses kerok menggunakan anak naga atau pake paint remover yang akrab di panggil soda api.

Kelar body dan kelengkapannya di kerok dan di las tinggal di ketok aje sampe lempeng dan nat asli body kembali kaya semula.
usai itu body di amplas bersih dengan amplas no. 100 untuk bersihin karat dan kotoran2 lainnya,diulang pake amplas no. 600 yang lebih alus. Dempul lah body dan parts lainnya seperti kepala, spatbor dan tepong,yang barusan di bersihin tadi supaya permukaan body membentuk halus dan sebisa mungkin mendekati ke bentuk aslinya,untuk menghaluskan dempul di amplas pake no. 320 trus diulang pake amplas 600 biar alus. hindari mendempul tebal, kalo body kurang lempeng ya di ketok aja, jangan di tiban pake dempul..setelah body dan kelengkapannya di dempul dan di amplas bisa langsung naik cat epoxy, gunanya agar ketika body di labur dengan cat dasar warnanya bisa merata (gak belang2).



*Proses Pengecatan dasar
Pada proses ini bisa di bilang udah setengah jalan dari pekerjaan restorasi unit vespa brader, jadi pekerjaannya udah agak ringan tapi masih butuh ketelitiaan tinggi baik dari pemilihan warna yang brader mau dan kualitas barang yang brader pake.
sekedar info ane pake cat sikkens warna biru plus labur lembayung merah supaya warna agak mirip sama terong dan finishing pake furnish wet look dari spies hecker.
disini budget bermain peranan penting, kalo ane kumpulin dan dikit2 supaya bisa beli bahan cat yang lumayan bagus ketimbang buru2 tapi beli cat nya yang tanggung (semua kembali ke empunya vespa masing2).
Nahhh kelar body di cat epoxy, tinggal kite amplas lagi pake amplas no. 600 supaya permukaan pori2 cat epoxy kebuka alias cat dasar bisa menutup sempurna di bagian yang di guyur cat tsb.

kolong spatbor bisa di flingkote biar gak karat

catatan : kalo udah di cat epoxy tapi masih ada bagian yang perlu di dempul tipis gapapa..dempul aja, tapi ntar jangan lupa di cat epoxy lagi biar cat dasar gak belang.

velg dan shock yang udah dicat ulang
fork depan dan shock yang udah di cat ulang



 




























Diatas adalah penampakan body yang sudah di cat dan beberapa parts yang sudah di cat ulang sperti shock, velg, tromol dll.
Baiasanya ada aja parts yang kudu diganti lantaran kondisinya udah gak bagus lagi, seperti bantalan shock depan, as ayung depan yang udah peyang dsb tergantung kondisi vespa yang brader punya.

5 komentar:

  1. Dempulnya pake merk apa mas?

    BalasHapus
  2. saya pakai merk Alfagloss & isamu untuk dempul tipis mas..

    BalasHapus
  3. Nanya nih mas, biasanya kalau ganti lantai sama motong trus ganti plat baru di tulang hbs berapa ya mas. Thx

    BalasHapus
  4. Tips mendempul bagian yg sulit bang

    BalasHapus